19 Agustus 2014

Belajar membaca dan menumbuhkan minat baca anak.

saat ini seharusnya iqo sudah duduk di TK B, umurnya sudah 5 tahun 4 bulan. karena dia lahir bulan februari, maka niat kami, iqo masuk SD umur 6 tahun 4 bulan. karena saya lupa (hehehe) jadilah dia tidak TK. Saat ini, Iqo masih tetap tidak saya fokuskan membaca, namun, tidak berarti blank belajar membaca. Saya tetap memberikan pelajaran membaca menggunakan buku abaca. karena dia sudah hapal huruf, maka lebih mudah buat saya mengajarkan mengeja. tapii, tetap saja, yang namanya belajar membaca itu, memang banyak tantangannya. Apalagi, jika iqo lagi ngga punya mood untuk belajar membaca.

Untuk tahap sekarang, saya mengajarkan belajar membaca seminggu hanya satu atau dua kali. Selebihnya, setiap menjelang tidur saya berusaha menceritakan cerita karangan saya sendiri, dengan tokoh yang konstan. Saya memberi 3 tokoh utama yang tetap dengan tema cerita yang berbeda-beda. Tiga tokoh itu, adalah, Cipu, bekokok dan 'alim. Alhamdulillah, anak-anak suka sekali jika saya ingin bercerita tentang petualangan ketiga tokoh imajiner saya, malah terkadang, mereka yang meminta diceritakan sebelum saya punya kesiapan cerita...hahaha, alhasil, saya suka mengarang bebas tapi dengan tema pilihan anak-anak. Dari cerita mengarang bebas gaya saya, sering saya sisipkan norma-norma kebaikan diantara ketiga tokoh tersebut.

Untuk merangsang keinginan membaca, saya juga menyediakan buku cerita yang hanya gambar saja, dan membiarkan mereka bercerita sesuai imajinasi mereka dengan melihat gambar dibuku tersebut. Alhamdulillah saya mendapatkan buku yang selama ini saya cari. Niat awalnya sih, buat pengganti karena iqo tak sekolah TK, tapi, ternyata manfaatnya lebih, karena amripun mulai suka melihat gambar dan bercerita sesuai keinginan dia dari gambar yang dia lihat, sedangkan syifa mendapat manfaat karena buku tersebut ada cerita berbahasa inggrisnya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar