05 Januari 2009

jual beli nontunai ala Syifa

tadi kita bermain marketplace. Syifa seperti biasa memposisikan diri sebagai penjual dan Saya harus menjadi pembelinya. Singkat cerita dia berjualan di mall dengan menjual pernak pernik anak kecil. tapi barang dagangan berupa kartu yang bergambar tas, boneka, tenda, burung dsb. dan kartu tsb seakan-akan mengkiaskan barang sesungguhnya. misal saya ingin beli burung maka Syifa akan memberikan kartu bergambar burungnya. begitu deh...
yang membuat Saya agak terkejut, Syifa bilang "belanjanya ga pake uang ya Bu, Ibu tinggal kasih kartu kredit ibu saja, nanti tinggal gesek di mesin ini" sambil menunjukkan jam yang memang seperti alat hitung (kalkulator) yang ada selipan kartunya.
mirip yang ada di kasir.
ketika aku bilang aku tidak punya kartu kredit. Dia langsung berucap "tidak apa-apa, ini Saya bikinkan kartunya, langsung bisa dipakai, dapat hadiah boneka, tapi Ibu harus belanja dulu di toko Syifa"
Nah lho...
akhirnya kami bermain jual beli dengan pembayaran nontunai...
Dan ternyata di arena berjualan itu Saya mampu mangajari Syifa membaca, karena dia berjualan kartu belajar membaca, ada empat kartu: sa, la, wa dan ya. lumayan dia mengenal suku kata baru wa dan ya...sekalian aja saya gabung-gabungin kartunya jadilah dia belajar 2 sukukata...

3 komentar:

  1. wah masih kecil udah tahu cara transaksi non tunai... hebat, siapa yang ngajari ya??? btw mau donk bikin kartu kredit kalo dapet hadiah :D

    BalasHapus
  2. ide bagus nih untuk mengajarkan anak membaca.bisa ditiru

    BalasHapus
  3. silakan mba'... smg membawa manfaat yang lebih baik

    BalasHapus